Powered By Blogger

Search This Blog

21 July 2012

Mengenal Sistem PPDS di Jerman


Untuk berinteraksi atau berbagi Informasi seputar PPDS di Jerman, silahkan Join di Group FB:
https://www.facebook.com/groups/PPDSJerman/
(Mohon Profile FB nya dengan Foto dan Identitas yang jelas, jadi bisa saya Approve secepatnya, sonst mesti tunggu waktu luang untik seleksi satu per satu Calon Member).

FAQ:
F: Dok,,saya udh baca yg grup itu,.ada bbrp pertanyaan,maaf yah sblmnya..
1-Dulu pas mau kesana gitu pake agen ap yah??
2-Terus les bahasa cuma di Goethe yah? yg saya baca les bahasa jerman mesti sampai C1 yah? bisa gak kalau itu semua diselesaikan di indo atau sebagian di jetman?
3-misalnya kita udah di jerman,kita harus penyetaraan dl slm bbrp taun?atau bs lgsg daftar untuk PPDS?
4-PPDS di jerman itu kek gimana yha gambaran nya?apa sama kayak di indo yang kata orang PPDS junior itu kayak "diberdayakan" banget? 
5-slma PPDS itu text book dan kegiatan perkuliahan nya dalam bahasa jerman semua yta?
A: ini Jawaban berdasarkan pengalaman dan diskusi dengan teman-teman
1. ada bbrp agen baik perusahaan atau perseorangan. Silahkan tanya sama yang bersangkutan. Banyak juga yang urus sendiri. Secara singkat: Pake Agen, Diurusin tapi bayarannya mahal (€7000-20000). Urus Sendiri, jungkir balik, bolak balik sana sini, terus biaya sih ga semahal pakt Agen. Nah dua-dua nya ini bukan jaminan untuk selesai ataupun beres PPDS nya.
2. les bahasa di Indo ya gothe. Di jerman sih banyak tmpt kursus bahasa jerman yang lain. Syarat B2 atau C1 tgt negara bagian, masing2 syarat bisa diliat di website Bezirksregierung masing2. Peraturannya berufserlaubnis untuk 1,5 tahun terus mesti penyetaraan. 
3. PPDS di jerman itu hospital based, jd ga perlu daftar ke universitas. Hanya cari kontak ke profesor atau chefarzt nya. Selalu ada kelebihan dan kekurangan dari sebuah sistem.
4. textbook bahasa jerman. Banyak dijual di toko buku.
Sekian 

No comments: